Cara Mencegah / Memblok Email Spam


Email spam adalah email yang masuk ke kotak masuk / inbox dan email tsb kehadirannya tidak kita inginkan bahkan menyebabkan kita jengkel...

Email spam tsb bisa masuk ke email yang kita miliki, baik itu email yahoo, gmail, hotmail ataupun email lainnya. Email spam biasanya berisi penawaran barang ataupun hadiah yang datangnya bertubi tubi masuk ke dalam email kita. Walaupun kita rajin menghapus email spam tsb tetapi email yang tidak kita kehendaki tsb bakal tetap datang tanpa henti.

Apa penyebab email kita kebanjiran spam ?

Biasanya email spam yang masuk menggunakan layanan autoresponder yang memang memiliki kemampuan untuk mengirimkan email secara massal dan otomatis, mulai ratusan hingga puluhan ribu email terkirim sekaligus.

Nah, bagi internet marketing yang profesional mereka tidak mengirimkan email penawaran barang secara acak atau ke sembarang orang, melainkan calon pelanggan tsb secara sukarela dan sengaja mengisi formulir yang ada di website yang bersangkutan.

Tetapi ada juga internet marketing yang tidak profesional yang mengirimkan penawaran barang / produk ke sembarang orang dan acak.

Ada beberapa cara mereka untuk mendapatkan database email pelanggan :

1. Menggunakan software pencari email di internet
Software ini ada yang gratis atau berbayar dan dijual dengan harga yang bervariasi. Cara kerja software ini adalah mencari dan "menangkap" simbol @ yang digunakan untuk penulisan email. Contoh: anuanu@gmail.com, contohsaja@yahoo.com, gilegile@hotmail.com, dst. Cara mencegah software jenis ini adalah dengan menghilangkan simbol @ dan mengganti penulisan email kita di blog menjadi : anuanu[at]gmail.com, contohsaja[at]yahoo.com, gilegile[at]hotmail.com. Atau bisa juga tetap menggunakan simbol @ tetapi dengan memberi jarak (spasi): anuanu @ gmail.com, contohsaja @ yahoo.com, gilegile @ hotmail.com, dst...

2. Menggunakan software sedot email di blog orang lain
Dengan kata lain software ini mencuri database email milik orang lain. Terus terang kalo yang ini saya belum tau cara menangkalnya, hehehe...

3. Membeli ribuan list email dari orang lain.
Banyak sekali di internet yang menawarkan list ribuan database email dengan harga yang bervariasi. List email tsb kemudian dimasukkan dalam autoresponder lalu booom, terkirim secara massal.

Saya pribadi sangat tidak menganjurkan anda untuk menggunakan salah satu atau ketiga cara di atas untuk promosi usaha anda, karena:

- Pembeli sangat tidak tertaget, dari puluhan bahkan ratusan ribu pemilik email tsb paling hanya 1% saja yang tertarik dengan email penawaran anda dan sampai pada tahap membeli produk.
- Jika diantara puluhan ribu pemilik email tsb banyak yang menandai email anda sebagai spam maka secara otomatis filter email tsb juga akan menandai email anda sebagai spam. Dengan kata lain jika anda mengirim email secara manual pun maka email anda (sebagai pengirim) akan masuk ke kotak spam di email tujuan.
- Secara langsung dapat merusak reputasi anda dan perusahaan anda di mata pelanggan.

Nah sekarang kita masuk ke topik sesuai judul di atas...

Cara mencegah / memblok email spam

Caranya sebenarnya mudah dan bisa diterapkan untuk email yahoo, gmail, hotmail atau lainnya. Jika email yang tidak anda kehendaki tsb (email spam) masuk ke kotak masuk, maka centanglah email tsb dan klik tombol "SPAM" atau "Tandai Sebagai Spam" atau "Mark as Spam". Maka selanjutnya anda tidak akan melihat email tsb di inbox/ kotak masuk anda.

Selain cara diatas bisa juga melalui pengaturan filter email untuk mensetting daftar alamat email spam yang tidak anda kehendaki. Masukkan semua daftar alamat email spam tsb ke kotak isian dan jangan lupa tekan tombol save.

Demikian metode cara mencegah /  memblok email spam yang dapat saya sharing disini. Jika ada yang bertanya silahkan mengisi kotak komentar dibawah...

Sponsored link:

{ 3 komentar... read them below or add one }

Aksesoris Sparepart Motor mengatakan...

tapi kalo pake gmail biasnya yang spam2 seperti itu udah bisa kesaring.

Yoga nugraha mengatakan...

saya dapat e-mail yg isinya tentang warisan dan lotere apakah itu benar ??
dan kenapa e-mail itu masuk ke spam ??

Index Apk mengatakan...

makasih infonyaa ya

Poskan Komentar